Search JavaScript Kit:

This free script provided by
JavaScript Kit

Dian motor cell

Placed AD here !!

Pop Cash

Pop Cash

Pop Cash

Speedometer dan Fungsinya Pada kendaraan Bermotor

Tentu kita sudah tidak asing lagi ditelinga dan mata kita ketika dilihat dan mendengar yang namanya speedometer yang terdapat pada jenis kendaraan bermotor baik roda 2 ataupun roda 4 bahkan lebih.
Speedometer adalah adalah alat pengukur kecepatan kendaraan darat, yang merupakan perlengkapan standar setiap kendaraan yang beroperasi di jalan.

Speedometer berfungsi agar pengemudi mengetahui kecepatan kendaraan yang dijalankanya dan dijadikan informasi utama untuk mengendalikan kecepatan dikawasan atau jalan agar tidak terlalu lambat dan terlalu cepat, dan agar bisa mengatur waktu perjalanan dan mengendalikan kecepatan dijalan yang kecepatannya dibatasi.

CARA KERJA SPEEDOMETER

Ada beberapa jenis sensor pengukuran kecepatan pada kendaraan bermotor adalah :

  • Mekanis, adalah perangkat pengukur kecepatan yang dihubungkan langsung dengan roda depan atau transmisi dengan menggunakan suatu kabel yang ikut berputar saat kendaraan bergerak, gerakan berputar ini kemudian diubah untuk menggerakkan jaruk kecepatan.
  • Elektronik, adalah pengukur kecepatan yang bekerja atas dasar sensor yang ditempatkan pada poros penggerak yang mendeteksi jumlah putaran poros untuk selanjutnya data dikirim ke speedometer dengan prinsip arus Eddy yang menggerakkan jarum kecepatan ataupun menunjukkan kecepatan secara digital.
  • GPS, adalah perangkat pengukur kecepatan yang menggunakan perubahan data posisi koordinat bumi yang diperoleh dari satelit GPS yang diolah oleh prosesor menjadi informasi kecepatan.



Salam Blogger

      h72

0 komentar:

Post a Comment

No spam...