Search JavaScript Kit:

This free script provided by
JavaScript Kit

Knalpot Sebagai Sistem Pembuangan

Knalpot atau sistem pembuangan adalah saluran untuk membuang sisa hasil pembakaran pada mesin pembakaran dalam. Sistem pembuangan pada kendaraan terdiri dari beberapa komponen, minimal terdiri dari satu pipa pembuangan yang di indonesia di kenal dengan nama knalpot yang di adopsi dari bahasa Belanda yang artinya saringan udara.

DESAIN

Desain saluran pembuangan dirancang untuk menyalurkan gas hasil pembakaran mesin ke tempat yang aman bagi pengguna mesin. Gas hasil pembakaran umumnya panas, untuk itu saluran pembuangan harus tahan panas dan sangat cepat melepaskan panas. Saluran pembuangan tidak boleh melewati atau berdekatan dengan material yang mudah terbakar atau mudah rusak karena panas. Meskipun kelihatanya sederhana, tetapi sistem pembuangan cukup berpengaruh terhadap performa mesin.

KOMPONEN UTAMA

Pada umumnya komponen dalam sistem pembuangan terdiri dari :
  1. Kepala Silinder, disini dimana pipa pembuangan dimulai kecuali pada mesin 2 langkah dimana saluran pembuangan ditempatkan dibagian bawah dinding silinder.
  2. Exhaust manifold atau Exhaust Header, dimana pipa dari beberapa ruang bakar/silinder bergabung.
  3. Catalytic Converter untuk menurunkan kadar gas beracun, CO, HC dan NOx
  4. Knalpot, pipa untuk mengalirkan gas hasil pembakaran
  5. Peredam Suara atau disebut juga Muffler , yang berfungsi untuk meredam suara. Pada sepeda motor, peredam bunyi ada didalam knalpot sedangkan pada mobil umunya terlihat dengan jelas berupa tabung sebelum ujung pipa pembuangan.
Selain itu ada opsional komponen berupa Turbocaharger , yang menggunakan tenaga/ energi yang masih tersisa untuk memutar turbin agar udara yang akan dimasukkan ke ruang bakar bertekanan sehingga mesin akan menghasilkan tenaga yang lebih besar.



Salam Otomotif,

       h72

0 komentar:

Post a Comment

No spam...