photo logodianmotorcell2edit_zps2f5863fd.gif

Fungsi dan Pengertian Rem Pada Kendaraan

Sobat otomotif semua tentunya sudah pada kenal dengan yang namanya rem yang terdapat baik pada kendaraan roda dua ataupun empat.

Secara umum rem bisa diartikan adalah sebuah peranti/alat yang digunakan untuk memperlambat atau bahkan menghentikan laju gerkan roda. Karena roda di perlambat maka, secara otomatis gerkan kendaraan menjadi lambat. Energi kinetik yang hilang dari benda yang bergerak ini biasanya diubah menjadi panas karena gesekan. Pada rem generatif, sebagian energi ini pula dapat dipulihkan dan disimpan dalam roda gila ( Flywheel ), kapasitor, atau diubah menjadi arus bolak-balik oleh suatu alternator yang selanjutnya dilakukan melalui suatu penyearah ( rectifier ) dan disimpan dalam baterai untuk pengguna lain.

Energi kinetik meningkat sebanyak pangkat 2 kecepatan ( E=1/2 m.v2 ). Ini artinya bahwa jika kecepatan suatu kendaraan meningkat 2 kali, ia memiliki 4 kali lebih banyak energi. Rem harus membuang 4 kali lebih banyak energi untuk menghentikannya dan konsekuensinya jarak yang dibutuhkan untuk pengereman juga empat kali lebih jauh.

Sistem rem dalam teknik otomotif ialah suatu sistem yang memiliki fungsi untuk :
  • Mengurangi kecepatan kendaraan.
  • Menghentikan kendaraan yang sedang berjalan dan,
  • Menjaga kendaraan agar tetap berhenti.

Sedangkan komponen utama dalam sistem rem terdiri dari :
  1. Pedal rem atau tuas rem
  2. Penguat atau Booster
  3. Silinder master ( Master cylinder ) dan,
  4. Saluran pengereman atau Kabel ( lines )
SISTEM PENGEREMAN
  1. Rem drum : adalah rem bekerja atas dasar gesekan antara sepatu rem dengan drum yang ikut berputar dengan putaran roda kendaraan. Agar gesekan dapat memperlambat kendaraan dengan baik maka, sepatu rem di buat dari bahan yang mempunyai koefisien gesek yang tinggi. Rem drum memiliki kelemahan jika terendam air, tidak dapat berfungsi dengan baik karena koefisien gesek berkurang secara significant. Oleh karena itu parts ini mulai ditinggalkan dalam dunia otomotif dan kemudian menggantinya dengan rem cakram.
  2. Rem cakram : adalah perangkat pengereman yang digunakan pada kendaraan modern. Cara kerja rem ini ialah dengan cara menjepit cakram yang biasanya dipasangkan pada roda kendaraan, untuk menjepit cakram digunakan caliper yang digerakkan oleh piston untuk mendorong sepatu rem ( brake pads ) ke cakram. Rem ini juga digunakan pada kereta api, sepeda motor dan juga sepeda. Sementara pada mobil balap, bahan yangdigunakan biasanya dikeramik agar lebih tahan panas yang ditimbulkan selama proses pengereman.


Terimaksih, semoga menjadi info bermanfaat.


Salam Blogger,

    h72


Share this article :

+ komentar + 1 komentar

May 16, 2013 at 8:01 AM

@AnonimOk thank for visiting. I'll come soon

Klik untuk tambah Komentar

Post a Comment

Blogger Widgets

100% Backlink Indonesia W3 Directory - the World Wide Web Directory Search Engine
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2013. Dian Motor Cell - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger