Search JavaScript Kit:

This free script provided by
JavaScript Kit

Cara Memasang Sambungan Rantai ( Chain ) Yang Benar

Sudahkah sobat mencoba untuk melakukan penyambungan rantai sendiri ? Sudah benarkah ? Ada masalahkah ?
Barangkali itu adalah pertanyaan standar ketika kita mencoba memasang sendiri rantai untuk sepeda motor kita yang baru saja di beli dari toko onderdil ( Sparepart ) resmi. Tidak berbeda dengan penanganan masalah membedakan antara baut tap oli mesin dan baut pegas stopper netral pada Thunder 125 yang sudah saya posting beberapa waktu yang lalu. Maka penanganan rantai sepeda motorpun memerlukan pengetahuan dasar tentang perawatan bahkan ketika kita menggantinya jangan sampai setelah diganti malah menimbulkan dampak yang tidak kita duga sebelumnya. 


Memang kelihatanya sepele sekali bahkan dibenak kita keluar pernyataan arrogan seperti " Wah ini sih anak kecil juga bisa !! " tetapi prakteknya tidak segampang yang dibayangkan. Ada beberapa trik / tips yang menjadi acuan standar pemasangan rantai tersebut. Maka, ketika kita salah melakukan pemasangan atau pemakaian sambungan rantai dampaknya sangat luar biasa dan berbahaya sekali terhadap keselamatan jiwa si pengendara bahkan si penumpang. Karena mengakibatkan terjadinya putus atau lepas sistem sambungan jika salah pemasanganya.

Yang benar bagaimana ?

Cara yang benar yaitu untuk plat pengunci sambungan pastikan letaknya berada pada paling luar dan usahakan pemasangan coakanya membelakangi arah rantai sebab dengan demikian tarikan gir depan tidak berdampak terhadap kekuatan plat pengunci rantai itu sendiri. Nah, walaupun dipakai dengan gaya berkendara " Rider drag bike " Insya Allah tidak akan ada masalah.


Attn :
Plat pengunci sambungan pastikan letaknya berada pada paling luar dan usahakan pemasangan coakanya membelakangi arah rantai sebab dengan demikian tarikan gir depan tidak berdampak terhadap kekuatan plat pengunci rantai itu sendiri


Semoga tips dan tricks cara memasang sambungan rantai yang benar, ada manfaatnya bagi pencinta otomotif.

Salam Blogger,
       h72

0 komentar:

Post a Comment

No spam...