Search JavaScript Kit:

This free script provided by
JavaScript Kit

Dian motor cell

Placed AD here !!

Pop Cash

Pop Cash

Pop Cash

Gir Atau Sprocket, Pengertian dan Fungsinya

Gir ( Gear ) atau Sprocket adalah roda bergerigi yang yang berpasangan dengan rantai, tarack atau benda panjang yang bergerigi lainnya. Sprocket berbeda dengan roda gigi, sprocket tidak pernah bersinggungan dengan sprocket lainnya dan tidak pernah cocok. Sprocket juga berbeda dengan puli dimana sprocket memiliki gigi sedangkan puli pada umumnya tidak memiliki gigi.


 photo Chain_zps35cd52b8.gif
Ilustrasi Gerakan Sprocket dengan
Rantainya

Sprocket yang digunakan pada sepeda, sepeda motor, mobil, kendaraan roda rantai dan mesin lainnya digunakan untuk mentransmisikan gaya putar antara 2 poros dimana roda gigi tidak mampu menjangkaunya.

Pada sepeda, pengubahan rasio kecepatan putar secara keseluruhan dilakukan dengan memvariasikan diameter dari sprocket. Perubahan diameter dari sprocket akan mengubah jumlah gigi pada sprocket. Ini adalah dasar dari derailleur gear. Misal sepeda dengan 10 speed, bisa didapatkan dengan menggunkan 2 sprocket pada proses penggerak dan 5 sprocket pada poros roda. Rasio kecepatan yang rendah menguntungkan pengguna sepeda dijalan yang menanjak, sedangkan rasio kecepatan yang tinggimemudahkan untuk bergerak cepat dijalan yang datar.

Pada sepeda motor, tidak ada pengubahan diameter sprocket ketiak bergerak. Namun perubahan diameter sprocket secara manual mampu mengubah tingkat akselerasi dan kecepatan tertinggi dari sepeda motor.

Sprocket juga digunakan pada kendaraan roda rantai. pada kendaraan jenis ini, jumlah sprocket yang terlibat banyak, namun sprocket yang menggerakkan hanya satu, dua atau tiga. Sprocket yang menggerakkan jika hanya satu biasanya berada di depan atau dibelakang kendaraan. Sementara dengan dua sprocket penggerak, posisi sprocket ada didpean dan belakang. Sprocket penggerak ketiga biasanya bisa dimana saja dan biasanya posisinya lebih tinggi dari sprocket penggerak yang lain.


Terimakasih, semoga berguna sebagai tambahan wawasan otomotif kita...


Salam Blogger,

    h72






0 komentar:

Post a Comment

No spam...